Laporan Obsservasi Sekolah - SMP Kartika XIX-2 Bandung
Guidance And Counseling
Observation
Report
A. Identitas
Sekolah Lokasi Observasi:
Nama
Sekolah : SMP Kartika XIX-2
Bandung
Status
: SMP Swasta,
Yayasan Kartika Jaya, terakreditasi A
Alamat
: Jl. Pak Gatot
Raya 73S KPAD Bandung
B. Waktu
Observasi
Hari : Senin
Tanggal : 15 Mei 2017
C. Deskripsi
Hasil Studi Lapangan
Hanya terdapat dua guru
BK di sekolah ini, dibagi dua giliran dalam satu minggu yang masing-masing guru
BK hanya ada di sekolah 3 hari dalam satu minggu. Untuk jadwal, tidak ada
jadwal khusus bagi guru BK untuk masuk ke kelas, hanya mengambil kelas yang
tidak sedang melaksanakan proses belajar mengajar (biasanya saat guru mata
pelajaran tertentu tidak bisa hadir di kelas). Sehingga penyebaran informasi
atau penyelidikan dari guru BK tidak merata, karena terkadang kelas yang tidak
sedang melaksanakan proses belajar mengajar adalah kelas yang sebelumnya pernah
dikunjungi guru BK. Selain itu, guru BK akan masuk kelas saat menjelang
kelulusan bagi siswa kelas IX yang akan melanjutkan ke jenjang SMA.
Selain dilaksanakannya
program belajar mengajar di kelas, di sekolah ini juga terdapat program belajar
bersama atau kelompok bagi siswa yang berminat. Program ini sama seperti proses
belajar mengajar dikelas, hanya saja guru yang mengajar bukan guru yang sama di
sekolah. Diharapkan dengan guru yang berbeda ini, siswa bisa lebih menangkap
materi yang disampaikan dengan metode yang berbeda. Hal ini dilakukan agar
siswa tidak jenuh karena mereka belajar dengan guru dan metode pembelajaran
yang sama.
Hasil wawancara dengan
tiga narasumber (siswa, guru mata pelajaran dan guru BK) terkait Bimbingan dan
Konseling di sekolah menunjukkan adanya keselarasan. Artinya, dari jawaban yang
diberikan oleh masing-masing narasumber tidak bertolak belakang. Guru mata
pelajaran tidak hanya mengajar di kelas, pun juga membantu guru BK menentukan
siswa mana saja yang membutuhkan perhatian lebih dalam proses belajarnya, yang
membuat kekacauan di kelas karena ada alasan atau masalah tertentu yang
dialaminya, dan lain sebagainya. Siswa pun merasakan manfaat dari adanya BK,
tentu BK yang berjalan dengan baik yang bisa memberikan manfaat bagi siswa yang
terhambat dalam proses belajarnya karena masalah-masalah tertentu. Ini
menunjukkan bahwa guru BK yang menjalankan layanan BK di sekolah tersebut
berjalan sebagaimana mestinya.
D. Analisis
Hasil Studi
Dilihat dari hasil
wawancara terkait pertanyaan yang telah diajukan selama observasi, terdapat
satu pertanyaan yang jawabannya tidak relevan. Pertanyaan tersebut ditujukan
kepada guru BK yang mengacu pada prinsip-prinsip dalam layanan BK. Berdasarkan
teori, beberapa prinsip-prinsip layanan BK diantaranya:
1.
BK
adalah untuk semua siswa
2.
Bk
adalah proses individuasi
3.
Bk
menekankan aspek positif dari suatu individu
4.
BK
adalah usaha bersama
5.
Pengambilan
keputusan adalah hal yang pokok dalam BK
6.
BK
bisa diimplementasikan dalam pengaturan hidup yang beragam
Jawaban yang diberikan melencang dari poin-poin yang
telah disebutkan diatas. Tetapi di lain pertanyaan, guru BK tersebut memberikan
tambahan jawaban yang mengacu pada beberapa prinsip-prinsip layanan BK diatas,
tepatnya poin satu dan empat.
E. Kesimpulan
dan Rekomendasi
-
Kesimpulan
Keberadaan BK di
sekolah sangatlah penting. BK tidak bisa bekerja sendiri, oleh kare itu
diperlukan kerjasama yang baik antara guru BK dengan guru mata pelajaran agar
siswa yang memilliki masalah-masalah tertentu yang bisa mempengaruhi proses
belajarnya di sekolah bisa ditangani dengan baik pula. BK di sekolah ini juga
sudah cukup bagus. Bentuk kerjasama yang dilakukan antara guru BK dengan guru
mata pelajaran pun sudah cukup bagus. Tetapi, jumlah guru BK yang ada di
sekolah ini belum maksimal, hanya ada dua orang, itu pun ada pergantian jadwal
sehingga dalam satu hari hanya ada satu guru BK.
-
Rekomendasi
·
Siswa
Jangan
menganggap bahwa guru BK atau memasuki ruangan BK itu menakutkan dan sebisa
mungkin ubah mindset bahwa siswa yang masuk ke dalam rungan BK adalah siswa
yang bodoh ataupun nakal.
·
Guru
mata pelajaran
Lebih intens
lagi dalam memperhatikan siswa di kelas. Karena terkadang siswa tidak secara
terbuka menunjukkan kekurangannya dalam proses belajar. Beberapa dari mereka
cenderung menyembunyikan masalah maupun kekurangannya karena malu atau tidak tahu lagi harus berbuat apa.
·
Guru
BK
§
Harus
lebih tenang dalam menghadapi siswa yang bermasalah dan memberikan nasihan yang
baik kepada siswa tersebut dengan cara yang baik pula. Karena jika yang
diberikan adalah kemarahan, siswa bahkan sedetik pun tak mau mendengarkan.
Akhirnya, bukannya berujung pada solusi yang tepat, namun malah menambah rumit
suasana.
§
Ada
baiknya jumlah guru BK diperbanyak. Selain itu, pergantian jadwal juga sebaiknya
tidak dipergunakan lagi, karena jika satu hari hanya ada satu guru BK itu
kurang efektif dalam menangani masalah siswa mengingat jumlah siswa yang cukup
banyak di sekolah ini.
F. Lampiran
Pertanyaan-pertanyaan
beserta jawabannya yang diajukan saat wawancara:
Guru
Mata Pelajaran
-
Apa pendapat anda tentang BK atau
keberadaannya di suatu sekolah?
Keberadaan BK
sangat dibutuhkan dan penting, karena salah satu tugasnya yaitu tugasnya untuk
menangani masalah-masalah yang dihadapi siswa.
-
Peran dan bentuk kerjasama seperti
apakah yang dilakukan Anda dengan guru BK guna mengatasi masalah-masalah yang
berkaitan dengan siswa sehingga masalah tersebut bisa mempengaruhi proses
belajarnya?
Mengawasi siswa,
kemudian melaporkannya ke guru BK. Tetapi untuk masalah yang sekiranya masih
bisa diselesaikan oleh guru mata pelajaran, maka hal itu tidak perlu ditangani
oleh guru BK secara langsung.
-
Apa sajakah kesulitan-kesulitan belajar
yang dihadapi para siswa?
Sebenarnya
kesulitan belajar siswa kebanyakan berasal dari dirinya sendiri seperti malas
belajar. Selain itu, kesulitan yang mereka hadapi pun berkaitan dengan perilaku
mereka seperti nakal, sehingga mereka terkadang tidak mau menaati peraturan
yang berlaku di sekolah.
-
Apa yang Anda pahami mengenai konsep
diagnostik dan pengajaran remedial kepada siswa? (Seperti pengertian dari
konsep diagnostik dan pengajaran
remedial itu apa, urgensinya seperti apa, prosedur dan teknik yang digunakan
bagaimana).
Konsep
diagnostik itu berkaitan dengan bagaimana kita sebagai guru mata pelajaran bisa
mengetahui kesulitan-kesulitan belajar yang dihadapi siswa. Cara mendiagnosanya
yaitu dengan memperhatikan siswa dalam proses belajar mengajar berlangsung.
Sehingga guru mata pelajaran tahu pada bagian materi mana yang siswa tersebut
belum mengerti. Untuk pengajaran remedial, dilakukan pengulangan dalam
menjelaskan materi tertentu yang tidak dimengerti oleh siswa.
Guru
Bimbingan dan Konseling
-
Apa manfaat adanya BK bagi siswa dan
guru mata pelajarannya?
Bagi guru BK dan
guru mata pelajaran manfaat dari BK diantaranya bisa mengetahui siswa yang
kurang, cukup dan sangat berprestasi, mengetahui seberapa sering kehadiran dan
keaktifannya belajar di kelas serta mengetahui minat dan bakat siswa dalam mata
pelajaran tertentu. Sedangkan bagi siswa sendiri manfaat BK yaitu bisa
menyampaikan keluhannya berkaitan dengan masalah di kelas dan rumah yang
mempengaruhi proses belajar.
-
Bagaimana bentuk kerjasama yang Anda,
selaku guru BK, lakukan dengan guru mata pelajaran?
Meminta guru
mata pelajaran untuk mengawasi siswa yang nilainya kurang dan memperhatikan
peningkatan yang terjadi.
-
Apa saja prinsip-prinsip dalam layanan
BK?
Memberikan
konsultasi pada siswa yang dirasa perlu ditangani oleh guru BK.
-
Keterampilan apa saja yang diperlukan
Anda sebagai guru pembimbing?
Keterampilan
yang diperlukan diantaranya harus bisa menjaga hubungan baik dengan siswa,
berwawasan luas khususnya tentang strategi menangani siswa dan masalahnya serta
mengetahui hal-hal yang sedang menjadi trend
bagi siswa yang secara langsung maupun tidak langsung akan mempengaruhi proses
belajar siswa.
-
Apa saja yang menjadi indikator
keberhasilan layanan BK?
Adanya kerjasama
guru BK dengan guru mata pelajaran dalam menangani siswa dan guru BK bisa menindak
lanjuti masalah yang dihadapi siswa.
Siswa
-
Bagaimana pendapatmu tentang adanya BK
di sekolah?
Adanya BK di
sekolah itu untuk menangani masalah-masalah siswa. Jika ada suatu hal yang
seharusnya tidak boleh dilakukan oleh siswa, maka hal tersebut harus dilaporkan
ke guru BK.
-
Apa saja manfaat dari layanan BK?
Agar siswa
senantiasa disiplin.
-
Sebagai siswa, layanan apa sajakah yang
kamu terima dari BK?
Nasihat dan
peringatan karena kesiangan masuk sekolah agar tidak melakukannya lagi.
-
Apa harapan kedepannya terhadap BK?
BK diharapkan
lebih baik lagi kedepannya dan harus lebih tegas.
0 Response to "Laporan Obsservasi Sekolah - SMP Kartika XIX-2 Bandung "
Posting Komentar