-->

Laporan Obsservasi Sekolah - SMP Kartika XIX-2 Bandung

Guidance And Counseling
Observation Report

A.    Identitas Sekolah Lokasi Observasi:
Nama Sekolah            : SMP Kartika XIX-2 Bandung
Status                          : SMP Swasta, Yayasan Kartika Jaya, terakreditasi A
Alamat                        : Jl. Pak Gatot Raya 73S KPAD Bandung

B.     Waktu Observasi
Hari                 : Senin
Tanggal           : 15 Mei 2017

C.    Deskripsi Hasil Studi Lapangan

Hanya terdapat dua guru BK di sekolah ini, dibagi dua giliran dalam satu minggu yang masing-masing guru BK hanya ada di sekolah 3 hari dalam satu minggu. Untuk jadwal, tidak ada jadwal khusus bagi guru BK untuk masuk ke kelas, hanya mengambil kelas yang tidak sedang melaksanakan proses belajar mengajar (biasanya saat guru mata pelajaran tertentu tidak bisa hadir di kelas). Sehingga penyebaran informasi atau penyelidikan dari guru BK tidak merata, karena terkadang kelas yang tidak sedang melaksanakan proses belajar mengajar adalah kelas yang sebelumnya pernah dikunjungi guru BK. Selain itu, guru BK akan masuk kelas saat menjelang kelulusan bagi siswa kelas IX yang akan melanjutkan ke jenjang SMA.
Selain dilaksanakannya program belajar mengajar di kelas, di sekolah ini juga terdapat program belajar bersama atau kelompok bagi siswa yang berminat. Program ini sama seperti proses belajar mengajar dikelas, hanya saja guru yang mengajar bukan guru yang sama di sekolah. Diharapkan dengan guru yang berbeda ini, siswa bisa lebih menangkap materi yang disampaikan dengan metode yang berbeda. Hal ini dilakukan agar siswa tidak jenuh karena mereka belajar dengan guru dan metode pembelajaran yang sama.
Hasil wawancara dengan tiga narasumber (siswa, guru mata pelajaran dan guru BK) terkait Bimbingan dan Konseling di sekolah menunjukkan adanya keselarasan. Artinya, dari jawaban yang diberikan oleh masing-masing narasumber tidak bertolak belakang. Guru mata pelajaran tidak hanya mengajar di kelas, pun juga membantu guru BK menentukan siswa mana saja yang membutuhkan perhatian lebih dalam proses belajarnya, yang membuat kekacauan di kelas karena ada alasan atau masalah tertentu yang dialaminya, dan lain sebagainya. Siswa pun merasakan manfaat dari adanya BK, tentu BK yang berjalan dengan baik yang bisa memberikan manfaat bagi siswa yang terhambat dalam proses belajarnya karena masalah-masalah tertentu. Ini menunjukkan bahwa guru BK yang menjalankan layanan BK di sekolah tersebut berjalan sebagaimana mestinya.    

D.    Analisis Hasil Studi

Dilihat dari hasil wawancara terkait pertanyaan yang telah diajukan selama observasi, terdapat satu pertanyaan yang jawabannya tidak relevan. Pertanyaan tersebut ditujukan kepada guru BK yang mengacu pada prinsip-prinsip dalam layanan BK. Berdasarkan teori, beberapa prinsip-prinsip layanan BK diantaranya:
1.      BK adalah untuk semua siswa
2.      Bk adalah proses individuasi
3.      Bk menekankan aspek positif dari suatu individu
4.      BK adalah usaha bersama
5.      Pengambilan keputusan adalah hal yang pokok dalam BK
6.      BK bisa diimplementasikan dalam pengaturan hidup yang beragam
Jawaban yang diberikan melencang dari poin-poin yang telah disebutkan diatas. Tetapi di lain pertanyaan, guru BK tersebut memberikan tambahan jawaban yang mengacu pada beberapa prinsip-prinsip layanan BK diatas, tepatnya poin satu dan empat.

E.     Kesimpulan dan Rekomendasi

-          Kesimpulan
Keberadaan BK di sekolah sangatlah penting. BK tidak bisa bekerja sendiri, oleh kare itu diperlukan kerjasama yang baik antara guru BK dengan guru mata pelajaran agar siswa yang memilliki masalah-masalah tertentu yang bisa mempengaruhi proses belajarnya di sekolah bisa ditangani dengan baik pula. BK di sekolah ini juga sudah cukup bagus. Bentuk kerjasama yang dilakukan antara guru BK dengan guru mata pelajaran pun sudah cukup bagus. Tetapi, jumlah guru BK yang ada di sekolah ini belum maksimal, hanya ada dua orang, itu pun ada pergantian jadwal sehingga dalam satu hari hanya ada satu guru BK.

-          Rekomendasi
·         Siswa
Jangan menganggap bahwa guru BK atau memasuki ruangan BK itu menakutkan dan sebisa mungkin ubah mindset bahwa siswa yang masuk ke dalam rungan BK adalah siswa yang bodoh ataupun nakal.

·         Guru mata pelajaran
Lebih intens lagi dalam memperhatikan siswa di kelas. Karena terkadang siswa tidak secara terbuka menunjukkan kekurangannya dalam proses belajar. Beberapa dari mereka cenderung menyembunyikan masalah maupun kekurangannya karena  malu atau tidak tahu lagi harus berbuat apa.

·         Guru BK
§  Harus lebih tenang dalam menghadapi siswa yang bermasalah dan memberikan nasihan yang baik kepada siswa tersebut dengan cara yang baik pula. Karena jika yang diberikan adalah kemarahan, siswa bahkan sedetik pun tak mau mendengarkan. Akhirnya, bukannya berujung pada solusi yang tepat, namun malah menambah rumit suasana.
§  Ada baiknya jumlah guru BK diperbanyak. Selain itu, pergantian jadwal juga sebaiknya tidak dipergunakan lagi, karena jika satu hari hanya ada satu guru BK itu kurang efektif dalam menangani masalah siswa mengingat jumlah siswa yang cukup banyak di sekolah ini.

F.     Lampiran

Pertanyaan-pertanyaan beserta jawabannya yang diajukan saat wawancara:
Guru Mata Pelajaran
-          Apa pendapat anda tentang BK atau keberadaannya di suatu sekolah?
Keberadaan BK sangat dibutuhkan dan penting, karena salah satu tugasnya yaitu tugasnya untuk menangani masalah-masalah yang dihadapi siswa.

-          Peran dan bentuk kerjasama seperti apakah yang dilakukan Anda dengan guru BK guna mengatasi masalah-masalah yang berkaitan dengan siswa sehingga masalah tersebut bisa mempengaruhi proses belajarnya?
Mengawasi siswa, kemudian melaporkannya ke guru BK. Tetapi untuk masalah yang sekiranya masih bisa diselesaikan oleh guru mata pelajaran, maka hal itu tidak perlu ditangani oleh guru BK secara langsung.

-          Apa sajakah kesulitan-kesulitan belajar yang dihadapi para siswa?
Sebenarnya kesulitan belajar siswa kebanyakan berasal dari dirinya sendiri seperti malas belajar. Selain itu, kesulitan yang mereka hadapi pun berkaitan dengan perilaku mereka seperti nakal, sehingga mereka terkadang tidak mau menaati peraturan yang berlaku di sekolah.

-          Apa yang Anda pahami mengenai konsep diagnostik dan pengajaran remedial kepada siswa? (Seperti pengertian dari konsep diagnostik  dan pengajaran remedial itu apa, urgensinya seperti apa, prosedur dan teknik yang digunakan bagaimana).
Konsep diagnostik itu berkaitan dengan bagaimana kita sebagai guru mata pelajaran bisa mengetahui kesulitan-kesulitan belajar yang dihadapi siswa. Cara mendiagnosanya yaitu dengan memperhatikan siswa dalam proses belajar mengajar berlangsung. Sehingga guru mata pelajaran tahu pada bagian materi mana yang siswa tersebut belum mengerti. Untuk pengajaran remedial, dilakukan pengulangan dalam menjelaskan materi tertentu yang tidak dimengerti oleh siswa.

Guru Bimbingan dan Konseling
-          Apa manfaat adanya BK bagi siswa dan guru mata pelajarannya?
Bagi guru BK dan guru mata pelajaran manfaat dari BK diantaranya bisa mengetahui siswa yang kurang, cukup dan sangat berprestasi, mengetahui seberapa sering kehadiran dan keaktifannya belajar di kelas serta mengetahui minat dan bakat siswa dalam mata pelajaran tertentu. Sedangkan bagi siswa sendiri manfaat BK yaitu bisa menyampaikan keluhannya berkaitan dengan masalah di kelas dan rumah yang mempengaruhi proses belajar.

-          Bagaimana bentuk kerjasama yang Anda, selaku guru BK, lakukan dengan guru mata pelajaran?
Meminta guru mata pelajaran untuk mengawasi siswa yang nilainya kurang dan memperhatikan peningkatan yang terjadi.

-          Apa saja prinsip-prinsip dalam layanan BK?
Memberikan konsultasi pada siswa yang dirasa perlu ditangani oleh guru BK.

-          Keterampilan apa saja yang diperlukan Anda sebagai guru pembimbing?
Keterampilan yang diperlukan diantaranya harus bisa menjaga hubungan baik dengan siswa, berwawasan luas khususnya tentang strategi menangani siswa dan masalahnya serta mengetahui hal-hal yang sedang menjadi trend bagi siswa yang secara langsung maupun tidak langsung akan mempengaruhi proses belajar siswa.

-          Apa saja yang menjadi indikator keberhasilan layanan BK?
Adanya kerjasama guru BK dengan guru mata pelajaran dalam menangani siswa dan guru BK bisa menindak lanjuti masalah yang dihadapi siswa.

Siswa
-          Bagaimana pendapatmu tentang adanya BK di sekolah?
Adanya BK di sekolah itu untuk menangani masalah-masalah siswa. Jika ada suatu hal yang seharusnya tidak boleh dilakukan oleh siswa, maka hal tersebut harus dilaporkan ke guru BK.

-          Apa saja manfaat dari layanan BK?
Agar siswa senantiasa disiplin.

-          Sebagai siswa, layanan apa sajakah yang kamu terima dari BK?
Nasihat dan peringatan karena kesiangan masuk sekolah agar tidak melakukannya lagi.

-          Apa harapan kedepannya terhadap BK?
BK diharapkan lebih baik lagi kedepannya dan harus lebih tegas.



0 Response to "Laporan Obsservasi Sekolah - SMP Kartika XIX-2 Bandung "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel