-->

Apa itu CAT? dan Bagaimana Kriteria Penilaian CAT CPNS - Info Seputar CPNS 2021

 


Pengertian CAT

    Hallo Sahabat Pejuang CPNS !!! Kalo anda sedang berjuang maka anda sama seperti saya. Siapa sih yang tidak tergiur menjadi Pegawai Negeri Sipil. Selain bayaran yang cukup menggiurkan, masa tua anda terjamin dengan adanya biaya pensiun serta banyak tunjangan yang lainnya.  Apalagi tersiar kabar bahwa tahun depan tepatnya tahun 2021 Pemerintah akan kembali membuka recruitment CPNS. Oleh karena itu mari kita bersiap untuk bisa lolos di tahun tersebut. 

    Seperti yang kita tahu, tapi bukan tempe yah hehe bahwa Tes CPNS beberapa tahun kedepan menggunakan sistem CAT (Computer Assisssted Test). kemungkinan untuk tahun depa akan kembali menggunakan cara tersebut. oleh karena itu mari kita lebih mengenal Sistem CAT. Menurut BKN (Badan Kepegawaian Negara), CAT merupakan tes perekrutan untuk mendapatkan standar minimal kompetensi dasar yang berlaku untuk CPNS berbasis komputer secara online. Standar Kompetensi Dasar yang telah ditetaapkan, dibutuhkan untuk mewujudkan profesionalisme PNS (Pegawai Negeri Sipil) . CAT Menggantikan metode LJK (Lembar Jawaban Komputer) dan Pensil 2B yang biasanya digunakan pada setiap proses tes CPNS dari tahun ke tahun dengan media komputer sebagai alat bantu CAT merupakan kebijakan baru yang ditetapkan sejak 2013 oleh Pemerintah. Pengoprasian komputer telah didesain oleh tim penyusun agar peserta tes dapat jauh lebih mudah mengerjakan soal bentuk pilihan ganda, dengan cara mengklik pilihan yang menurut peserta tes benar.

    Keterbatasan pelaksanaan sistem CAT tersebut membuat tes CPNS ini diadakan secara regional. Sedangkan untuk ujian CPNS pada tingkat pusat, Seleksi penerimaan CPNS diadaka pada setiap kementrian atau lembaga negaranya. Soal CAT CPNS dibuat oleh BKN dengan 3 jenis bidang pengujian yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Pada tes ini, BKN menetapkan waktu pengerjaan soal adalah 90 ment. sedangkan untuk TKB (Tes Kemampuan Bidang), disesuaikan dengan kementrian atau lembaga yang akan melakukan seleksi dengan mempertimbangkan kapasitas calon PNS yang sesuai dengan lembaga atau kementrian yang dilamar.


Kriteria Penilaian CAT CPNS

Dibawah ini terdapat gambaran nilai minimum kelulusan tes CAT CPNS

No

Tingkat Pendidikan

Passing Grade

Keterangan

 

 1.

 

 SMA/sederajat

25

 5

 5

a.     50 Jawaban benar dari 100 soal Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

b.    10 Jawaban benar dari 50 soal Tes Intelegensi Umum (TIU)

c.     10 Jawaban benar dari 50 Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

 

2.

  

DIII/sederajat

27.5 

7.5

7.5

a.     55 Jawaban benar dari 100 soal Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

b.    15 Jawaban benar dari 50 soal Tes Intelegensi Umum (TIU)

c.     15 Jawaban benar dari 50 Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

 

 3.

 

 S1, S2, S3, Sederajat

30 

15 

10

a.     60 Jawaban benar dari 100 soal Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

b.    30 Jawaban benar dari 50 soal Tes Intelegensi Umum (TIU)

c.     20 Jawaban benar dari 50 Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)


0 Response to "Apa itu CAT? dan Bagaimana Kriteria Penilaian CAT CPNS - Info Seputar CPNS 2021"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel