-->

Format Observasi Manajemen Tenaga Kependidikan - Pengelolaan Pendidikan - IPSE FPMIPA UPI Assignment

MANAGEMENT OF EDUCATION

FORMAT OBSERVASI

KELOMPOK 4 (MANAJEMEN TENAGA KEPENDIDIKAN)

MATA KULIAH PENGELOLAAN PENDIDIKAN

Sekolah Tujuan                            : SMP LAB School UPI

Alamat Sekolah                            :

Waktu Pelaksanaan Observasi     : 14 – 11 - 2017

Observer(s)                                   :  Hengky Kusniar, Nadia Mubarokah, Dyantie Nur Azizah

ASPEK YANG DIAMATI

Petunjuk Umum

Berilah tanda (Ö) atau nilai pada kolom yang sesuai dengan penilaian anda dan catatlah hal-hal yang penting yang berhubungan dengan aspek yang diamati pada kolom keterangan.

1.    Sangat tidak baik (0 – 45)

2.    Tidak baik   (46-90)

3.    Cukup         (91 - 135)

4.    baik             (136-180)

5.    sangat baik  (181-225)  

Lembar Observasi 

No

Aspek yang diamati

1

2

3

4

5

Keterangan

 

A. Analisis Standar Tenaga Kependidikan

 

 

 

 

 

 

 

1.

tenaga kependidikan yang bekerja di sekolah ini sudah sesuai dengan visi dan misi sekolah dan telah memenuhi standar kulitas dan kuantitas yang ditetapkan oleh sekolah dan/atau nasional

 

 

 

 

 

2.

Sekolah sudah melakukan usaha yang maksimal dalam memenuhi standar tenaga kependidikan

 

 

 

 

 

3.

standard mutu semua tenaga kependidikan yang diterapkan di sekolah sudah berjalan dengan baik

 

 

 

 

 

4.

penerapan standard mutu tentang tenaga kependidikan sudah memuaskan

 

 

 

 

 

5.

Standar mutu seluruh guru yang ada disekolah sangat baik.

 

 

 

 

 

6.

Standar mutu Tata Usaha yang ada disekolah sangat baik

 

 

 

 

 

 

B. Manajemen Tenaga Kependidikan

 

 

 

 

 

 

 

1.      Perencanaan tenaga kependidikan

 

 

 

 

 

 

 

7.

implementasi poin-poin perencanaan tenaga kependidikan selama satu periode menghasilkan kemajuan

 

 

 

 

 

8.

tenaga kependidikan yang bekerja sudah memenuhi tujuan dari perencanaan

 

 

 

 

 

9.

perencanaan tenaga kependidikan memberikan dampak pada kualitas tenaga kependidikan

 

 

 

 

 

10.

metode perencanaan sudah dapat menghasilkan perencanaan tenaga kependidikan yang baik dan berkualitas

 

 

 

 

 

11.

Penyusununan dan penetapkan perencanaan tenaga kependidikan telah dipertimbangkan dengan matang

 

 

 

 

 

12.

2.      Pengadaan tenaga kependidikan

 

 

 

 

 

13.

Proses perekrutan calon tenaga kependidikan dilakukan dengan cara professional

 

 

 

 

 

14.

Perekrutan calon tenaga kependidikan disesuaikan dengan kriteria yang paling baik

 

 

 

 

 

15.

Perekrutan dilakukan sesuai dengan jumlah kuota yang ditentukan

 

 

 

 

 

16.

alur seleksi yang dilaksanakan di sekolah tertata dengan baik

 

 

 

 

 

 

 

17.

jenis tes  dalam tahap rekrutmen tenaga kependidikan di sekolah

sudah ditentukan  dengan baik

 

 

 

 

 

 

18.

periode penerimaan tenaga kependidikan tersusun dengan baik

 

 

 

 

 

 

 

3.      Penempatan personil

 

 

 

 

 

 

 

19.

penempatan personil sudah sesuai dengan keahliannya

 

 

 

 

 

20.

analisis tugas dan spesifikasi tugas sudah diterapkan dan dipakai sebagai dasar untuk penempatan

 

 

 

 

 

21.

Terdapat ketentuan dan prosedur tertentu bagi PNS yang ditempatkan ke sekolah ini ataupun PNS yang pindah tempat tugas

 

 

 

 

 

 

 

4.      Penyelenggaraan program orientasi

 

 

 

 

 

 

22.

terdapat program orientasi yang difasilitasi oleh sekolah untuk tenaga kependidikan baru

 

 

 

 

 

23.

Proses orientasi berjalan dengan baik

 

 

 

 

 

24.

Semua siswa baru merasa nyaman setelah proses orientasi

 

 

 

 

 

 

5.      Pembinaan dan pengembangan personil

 

 

 

 

 

 

 

25.

sekolah secara aktif mengikuti dan menginformasikan kepada tenaga kependidikan tentang pendidikan dan latihan yang diadakan oleh LPMP atau Dinas Pendidikan

 

 

 

 

 

26.

tingkat keberhasilan program pembinaan dan pengembangan tenaga kependidikan sudah berjalan secara effective dan efisien

 

 

 

 

 

6.      Meningkatkan semangat dan motivasi kerja pegawai

 

 

 

 

 

 

27.

Semua guru bersemangat saat melaksanakan proses pembelajaran

 

 

 

 

 

28.

Sekolah sudah memberikan fasilitas yang memadai guna membuat pegawai lebih termotivasi untuk bekerja

 

 

 

 

 

29.

Semua pegawai mempunyai motivasi yang tinggi dalam bekerja

 

 

 

 

 

30.

proses implementasi program-program yang dilaksanakan sekolah yang bertujuan meningkatkan semangat dan motivasi kerja pegawai berjalan dengan baik

 

 

 

 

 

31.

Semua Siswa memiliki motivasi yang tinggi saat belajar

 

 

 

 

 

 

7.      Sistem kompensasi

 

 

 

 

 

 

 

32.

sistem pemberian kompensasi personil yang dilaksanakan di sekolah berjalan dengan baik

 

 

 

 

 

33.

kualitas ketentuan dan syarat yang berlaku tentang kompensasi yang berlaku di sekolah sudah berjalan dengan baik.

 

 

 

 

 

34.

syarat dan ketentuan  tentang pemberian kompensasi terhadap personil di sekolah

 

 

 

 

 

 

8. Penilaian kinerja personil

 

 

 

 

 

 

35.

 penilaian personil dilakukan dengan periode yang sudah ditentukan

 

 

 

 

 

36.

Penilaian kinerja personil dilakukan secara jujur dan sesuai fakta

 

 

 

 

 

37.

objektivitas dan akurasi dalam proses penilaian kinerja personil di sekolah berjalan dengan baik

 

 

 

 

 

38.

Tim penilai kinerja personal adalah orang yang sudah berpengalaman

 

 

 

 

 

39.

Format Penilaian kinerja personil  sangat baik

 

 

 

 

 

 

9. Pengembangan karier

 

 

 

 

 

 

 

40.

pengembangan karir bagi tenaga kependidikan yang disediakan oleh sekolah difasilitasi dengan baik

 

 

 

 

 

41.

perencanaan karier personil yang dilakukan sekolah sudah terprogram dengan baik

 

 

 

 

 

42.

departemen/bidang SDM sudah berperan dalam perencanaan dan pengembangan karier personil

 

 

 

 

 

 

10. Pemberhentian personil

 

 

 

 

 

 

43.

tata cara,, jenis, serta alasan pemberhentian personil yang dianut di sekolah dilakukan secara jelas

 

 

 

 

 

44.

proses pemberhentian personil sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang telah ditetapkan

 

 

 

 

 

45.

Pemberhentian personil dilakukan secara tegas dan tanpa pamrih

 

 

 

 

 

0 Response to "Format Observasi Manajemen Tenaga Kependidikan - Pengelolaan Pendidikan - IPSE FPMIPA UPI Assignment"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel