Format Observasi Manajemen Tenaga Kependidikan - Pengelolaan Pendidikan - IPSE FPMIPA UPI Assignment
MANAGEMENT OF EDUCATION
FORMAT OBSERVASI
KELOMPOK 4 (MANAJEMEN
TENAGA KEPENDIDIKAN)
MATA KULIAH PENGELOLAAN PENDIDIKAN
Sekolah Tujuan :
SMP LAB School UPI
Alamat Sekolah :
Waktu Pelaksanaan Observasi :
14 – 11 - 2017
Observer(s) : Hengky Kusniar, Nadia Mubarokah, Dyantie Nur Azizah
ASPEK YANG DIAMATI
Petunjuk
Umum
Berilah tanda (Ö) atau nilai pada kolom
yang sesuai dengan penilaian anda dan catatlah hal-hal yang penting yang
berhubungan dengan aspek yang diamati pada kolom keterangan.
1. Sangat tidak baik (0 – 45)
2. Tidak baik (46-90)
3. Cukup (91 - 135)
4. baik (136-180)
5. sangat baik (181-225)
Lembar Observasi
No |
Aspek yang diamati |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
Keterangan |
|
A. Analisis Standar
Tenaga Kependidikan |
|
|
|
|
|
|
1. |
tenaga kependidikan
yang bekerja di sekolah ini sudah sesuai dengan visi dan misi sekolah dan
telah memenuhi standar kulitas dan kuantitas yang ditetapkan oleh sekolah
dan/atau nasional |
|
|
|
√ |
|
|
2. |
Sekolah sudah
melakukan usaha yang maksimal dalam memenuhi standar tenaga kependidikan |
|
|
|
√ |
|
|
3. |
standard mutu semua tenaga
kependidikan yang diterapkan di sekolah sudah berjalan dengan baik |
|
|
√ |
|
|
|
4. |
penerapan standard
mutu tentang tenaga kependidikan sudah memuaskan |
|
|
|
|
√ |
|
5. |
Standar mutu seluruh guru yang ada disekolah sangat
baik. |
|
|
|
√ |
|
|
6. |
Standar mutu Tata Usaha yang ada disekolah sangat baik |
|
|
|
√ |
|
|
|
B.
Manajemen Tenaga Kependidikan |
|
|
|
|
|
|
|
1.
Perencanaan tenaga
kependidikan |
|
|
|
|
|
|
7. |
implementasi poin-poin perencanaan tenaga
kependidikan selama satu periode menghasilkan kemajuan |
|
|
|
√ |
|
|
8. |
tenaga kependidikan
yang bekerja sudah memenuhi tujuan dari perencanaan |
|
|
|
√ |
|
|
9. |
perencanaan tenaga
kependidikan memberikan dampak pada kualitas tenaga kependidikan |
|
|
|
√ |
|
|
10. |
metode perencanaan
sudah dapat menghasilkan perencanaan tenaga kependidikan yang baik dan
berkualitas |
|
|
√ |
|
|
|
11. |
Penyusununan dan
penetapkan perencanaan tenaga kependidikan telah dipertimbangkan dengan
matang |
|
|
√ |
|
|
|
12. |
2.
Pengadaan tenaga kependidikan |
|
|
|
√ |
|
|
13. |
Proses perekrutan calon tenaga kependidikan dilakukan
dengan cara professional |
|
|
|
√ |
|
|
14. |
Perekrutan calon tenaga
kependidikan disesuaikan dengan kriteria yang paling baik |
|
|
|
|
√ |
|
15. |
Perekrutan dilakukan sesuai
dengan jumlah kuota yang ditentukan |
|
|
|
√ |
|
|
16. |
alur seleksi yang dilaksanakan di sekolah tertata dengan baik |
|
|
|
√ |
|
|
17. |
jenis tes
dalam tahap rekrutmen tenaga kependidikan di sekolah sudah ditentukan dengan baik |
|
|
|
|
√ |
|
18. |
periode penerimaan
tenaga kependidikan tersusun dengan baik |
|
|
√ |
|
|
|
|
3.
Penempatan personil |
|
|
|
|
|
|
19. |
penempatan personil sudah sesuai dengan keahliannya |
|
|
|
√ |
|
|
20. |
analisis tugas dan spesifikasi tugas sudah diterapkan
dan dipakai sebagai dasar untuk penempatan |
|
|
|
√ |
|
|
21. |
Terdapat ketentuan dan prosedur tertentu bagi PNS yang
ditempatkan ke sekolah ini ataupun PNS yang pindah tempat tugas |
|
|
√ |
|
|
|
|
4.
Penyelenggaraan program
orientasi |
|
|
|
|
|
|
22. |
terdapat program orientasi yang difasilitasi oleh
sekolah untuk tenaga kependidikan baru |
|
|
|
√ |
|
|
23. |
Proses orientasi berjalan dengan baik |
|
|
√ |
|
|
|
24. |
Semua siswa baru merasa nyaman setelah proses
orientasi |
|
|
√ |
|
|
|
|
5.
Pembinaan dan pengembangan
personil |
|
|
|
|
|
|
25. |
sekolah secara aktif mengikuti dan menginformasikan
kepada tenaga kependidikan tentang pendidikan dan latihan yang diadakan oleh
LPMP atau Dinas Pendidikan |
|
|
√ |
|
|
|
26. |
tingkat keberhasilan
program pembinaan dan pengembangan tenaga kependidikan sudah berjalan secara
effective dan efisien |
|
|
√ |
|
|
|
6.
Meningkatkan
semangat dan motivasi kerja pegawai |
|
|
|
|
|
|
|
27. |
Semua guru
bersemangat saat melaksanakan proses pembelajaran |
|
|
√ |
|
|
|
28. |
Sekolah sudah memberikan
fasilitas yang memadai guna membuat pegawai lebih termotivasi untuk bekerja |
|
|
|
√ |
|
|
29. |
Semua pegawai mempunyai
motivasi yang tinggi dalam bekerja |
|
|
√ |
|
|
|
30. |
proses implementasi program-program yang
dilaksanakan sekolah yang bertujuan meningkatkan semangat dan motivasi kerja
pegawai berjalan dengan baik |
|
|
|
√ |
|
|
31. |
Semua Siswa memiliki motivasi yang tinggi saat belajar |
|
|
|
√ |
|
|
|
7.
Sistem
kompensasi |
|
|
|
|
|
|
32. |
sistem pemberian kompensasi
personil yang dilaksanakan di sekolah berjalan dengan
baik |
|
|
|
√ |
|
|
33. |
kualitas ketentuan dan
syarat yang berlaku tentang kompensasi yang berlaku di sekolah sudah berjalan
dengan baik. |
|
|
√ |
|
|
|
34. |
syarat
dan ketentuan
tentang pemberian kompensasi terhadap personil
di sekolah |
|
|
√ |
|
|
|
|
8. Penilaian kinerja personil |
|
|
|
|
|
|
35. |
penilaian personil dilakukan dengan periode
yang sudah ditentukan |
|
|
|
|
√ |
|
36. |
Penilaian kinerja personil
dilakukan secara jujur dan sesuai fakta |
|
|
|
√ |
|
|
37. |
objektivitas dan akurasi dalam
proses penilaian kinerja personil di sekolah berjalan dengan baik |
|
|
|
|
√ |
|
38. |
Tim penilai kinerja personal adalah orang yang sudah berpengalaman |
|
|
|
|
√ |
|
39. |
Format Penilaian kinerja personil sangat baik |
|
|
|
√ |
|
|
|
9. Pengembangan karier |
|
|
|
|
|
|
40. |
pengembangan karir bagi tenaga kependidikan yang
disediakan oleh sekolah difasilitasi
dengan baik |
|
|
|
√ |
|
|
41. |
perencanaan karier personil yang dilakukan
sekolah sudah terprogram dengan baik |
|
|
|
√ |
|
|
42. |
departemen/bidang SDM sudah
berperan dalam perencanaan dan pengembangan karier personil |
|
|
√ |
|
|
|
|
10. Pemberhentian personil |
|
|
|
|
|
|
43. |
tata cara,, jenis, serta
alasan pemberhentian personil yang dianut di sekolah
dilakukan secara jelas |
|
|
|
√ |
|
|
44. |
proses pemberhentian
personil sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang telah ditetapkan |
|
|
|
√ |
|
|
45. |
Pemberhentian personil dilakukan secara tegas dan tanpa pamrih |
|
|
√ |
|
|
|
0 Response to "Format Observasi Manajemen Tenaga Kependidikan - Pengelolaan Pendidikan - IPSE FPMIPA UPI Assignment"
Posting Komentar