-->

“Geopark Ciletuh” Harta Tersembunyi Sebagai Surga Wisata Sukabumi - Essay by Hengky Kusniar

“GEOPARK CILETUH”
HARTA TERSEMBUNYI SEBAGAI SURGA WISATA SUKABUMI



Oleh: Hengky Kusniar

            Sukabumi adalah sebuah Kota di Provinsi Jawa Barat. Kota ini merupakan salah satu kota dengan luas wilayah terkecil di Jawa Barat. Tetapi dengan wilayah yang kecil siapa yang menyangka bahwa Sukabumi memiliki banyak objek wisata yang sangat indah. Kita tahu akan keindahan pantai pelabuhan ratu, Situ gunung, taman nasional gunung halimun dan tempat wisata yang lainnya. Tapi apakah anda tahu? Ada tempat yang sangat indah dengan keunikan yang tak kalah menarik dengan objek wisata yang ada di Indonesia bahkan yang ada di Dunia sekalipun. Tempat itu tak lain adalah taman wisata Geopark Ciletuh.

            Geopark atau kawasan wisata taman alam batuan tua Ciletuh merupakan salah satu tempat wisata yang sedang ramai dikunjungi wisatawan akhir-akhir ini. Geopark yang berada di wilayah selatan Sukabumi tepatnya di Kecamatan Ciemas kabupaten Sukabumi merupakan taman wisata yang baru dijadikan objek wisata Geopark pada tahun 2015. Menurut penelitian para ahli geologi, kawasan Ciletuh merupakan salah satu kawasan batuan tertua dipulau jawa, hal ini terlihat dari bebatuan yang terdapat didinding air terjun yang berada di Geopark tersebut. Oleh karena itu Geopark Ciletuh mendapatkan sertifikat sebagai Geopark nasional dari komite nasional Indonesia untuk UNESCO dan kementrian ESDM. Pengukuhan Ciletuh sebagai Geopark yang diterbitkan oleh UNESCO ditetapkan pada tanggal 11 November 2015. Bahkan Geopark nasional Ciletuh akan menjadi Geopark International atau Global Geopark pada tahun 2017 mendatang.

            Kawasan Geopark Ciletuh cocok bagi para petualang untuk melakukan perjalan yang penuh rintangan dan pengalaman untuk menapaki dan menjelajahi keindahan alam kawasan Geopark Ciletuh. Tidak hanya para petualang, para wisatawan biasa dari dalam dan luar negeri bisa mengunjungi Geopark Ciletuh untuk sekedar menikmati keindahan alam dan juga berfoto di objek wisata yang ada di Geopark Ciletuh. Bagaimana tidak, kita melewatkan keindahan Geopark ciletuh, disana terdapat Sembilan air terjun yang berada dilokasi berbeda akan tetapi air terjun itu tetap berada dalam satu kawasan. Sembilan nama air terjun tersebut adalah curug cimarinjung, curug dogdog, curug tengah, curug awang, curug sodong, curug cikanteh, curug ngelai, curug puncak manik, dan curug nyelempet. Dari semua air terjun tersebut hanya beberapa tempat yang bisa kita nikmati segarnya dasar air terjun dengan cara berenang disana. Akan tetapi semua air terjun itu memiliki keunikan yang berbeda-beda dan tentu saja bebatuan tua yang langka nan indah disertai aliran air terjun yang menghiasinya membuat mata kita terpana ketika kita melihatnya. Setelah kita mengunjungi wisata air terjun tersebut, dikawasan Ciletuh ini kita juga dapat melanjutkan perjalanan yang tak kalah indahnya dari wisata air tejun, yaitu pergi ke pantai palangpang yang lokasinya tidak jauh dari sembilan curug. Pantai ini sangat indah dengan dikelilingi perbukitan hijau yang suasannya yang masih alami. 

        Di pantai tersebut kita dapat berenang sepuasnya karena ombak yang tidak terlalu besar. Setelah semua wisata air yang telah kita kunjungi dari mulai air terjun serta keindahan pantai, kita dapat menutup perjalanan perjalanan di Geopark Ciletuh dengan mengunjungi puncak darma dan panenjoan, disana kita dapat melihat keseluruhan kawasan Ciletuh dari ketinggian. Terlihatlah semua objek yang telah kita kunjungi dari mulai pantai palangpang dengan hijaunya kawasan Ciletuh dan beberapa air terjun disekitarnya, dan uniknya lagi di puncak darma kita dapat melihat pemandangan alam sekitar menyerupai bentuk tapal kuda yang menjorok ke Samudera Hindia. Waktu yang tepat untuk mengunjungi tempat tersebut adalah ketika matahari terbenam, pada waktu itu kita dapat merasakan keindahan duniawi yang tak dapat diungkapkan dengan sebuah kata-kata. 

        Tetapi dibalik indahnya Geopark Ciletuh masih terdapat kekurangan-kekurangan yang harus diperbaiki agar tempat tersebut menjadi tempat yang sempurna untuk para wisatawan. Salah satu kekurangan dari Geopark Ciletuh adalah akses tempatnya jauh dari ibu kota, atau jauh dari pusat kota, Sarana dan prasarana yang masih kurang dengan kondisi jalan yang masih buruk dan pada sebagian akses ke lokasi wisata terdapat jalur yang membahayakan pengunjung dan transportasi yang kurang memadai, serta sangat kurangnya media informasi tentang situs terkait dilokasi kawasan Geopark Ciletuh. Kekurangan tersebut tentu tidak ada bandingannya dengan keindahan dan kepuasan hati akan melihat ciptaan sang pencipta yang maha kuasa, dan juga jika kita sudah sampai dilokasi Geopark Ciletuh semua akan terbayar dengan semua keindahan taman wisata Geopark Ciletuh.

Tetapi alangkah baiknya jika kekurangan yang ada di Geopark dapat diperbaiki oleh kita semua dari mulai masyarakat sekitar Geopark ciletuh dengan tetap menjaga kelestarian wilayah tersebut agar tetap bersih dan alami, serta menjadi pemandu wisata dengan sikap penuh ramah tamah dan membantu pengunjung agar perjalannya menjadi lebih mudah dan terarah, serta peran pemerintah untuk memperbaiki semua sarana dan prasarana yang tentu saja sedang dilakukan pada saat ini. Dari mulai memperbanyak media informasi untuk mempromosikan taman wisata Geopark ciletuh dan memperbaiki akses jalan dan ketersediaan transportasi yang memadai untuk memudahkan perjalan wisatawan menuju Geopark ciletuh. Oleh karena itu geopark ciletuh pantas untuk menyandang gelar Geopark Internasional yang menjadi magnet wisatawan dalam dan bahkan luar negeri yang dapat menjadi devisa bagi negara Indonesia sebagai harta di bidang pariwisata. Dengan perbaikan yang sedang dilakukan maka akan membuat Geopark ciletuh menjadi taman wisata Geopark sempurna yang diciptakan oleh sang maha pencipta untuk semua wisatawan yang dapat menikmati semua keindahan alam Geopark ciletuh. Sungguh tempat yang sangat berharga dan indah bukan? Di kota yang kecil bernama Sukabumi terdapat Harta yang tersembunyi sebagai surga wisata yang sangat indah.

Kita tidak tahu tempat disekitar kita yang memiliki keindahan dan kekayaan alam yang luar biasa seperti halnya Geopark ciletuh. Oleh karena itu kita sebagai manusia patut bersyukur kepada tuhan yang maha kuasa akan karunia dan nikmat yang telah diberikan serta kita juga harus selalu menjaga alam di sekitar kita agar bumi ini tetap indah.

0 Response to " “Geopark Ciletuh” Harta Tersembunyi Sebagai Surga Wisata Sukabumi - Essay by Hengky Kusniar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel