-->

Jenis dan Materi Tes dalam CAT (Computer Assisted Test) - Info CPNS 2021


 

1. Tes Intelegensi Umum

     Pada tes ini, peserta akan dihadapkan pada berbagai macam tes yang biasa disajikan pada psikotes seperti sebagai berikut

     1. Tes Irama Bilangan dan Huruf

     2. Tes Penalaran Aritmatika

     3. Tes Sinonim

     4. Tes Antonim

     5. Tes Analogi

     6. Tes Kosakata

     7. Tes Logika

     Pada tes ini peserta ujian akan mendapatkan soal-soal yang akan mengukur kemampuan seseorang di bidang verbal (sinonim, antonim, analogi, kosakata), berpikir logis (tes logika), dan kemampuan numerik/berhitung  (Tes irama bilangan dan huruf, tes penalaran  aritmatitika)  dalam  waktu  yang terbatas

 2. Tes Wawasan Kebangsaan

     Soal  -   soal    dalam  tes  Wawasan    kebangsaan  berkisar   pada    pengetahuan  dan  kemampuan mengimplementasikan  empat  pilar  kebangsaan    Indonesia.  Calon  Peserta   tes   CPNS   hendaknya menguatkan  pengetahuan tentang cara pandang dan kesadaran diri sebagai warga negara akan diri dan lingkungannya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Di dalam Tes Wawasan Kebangsaan mengandung materi sebagai berikut :

     1. Ideologi dan Dasar Negara

     2. UUD 1945

     3. Tata Negara

     4. Kebijakan Pemerintah

     5. Materi yang berkaitan dengan pengetahuan umum tentang Indonesia yang menyangkut 

         sosial, ekonomi,  budaya, politik, serta pertahanan dan keamanan.

 3. Tes Karakteristik Pribadi

      Dalam Tes Karakteristik  Pribadi,  akan mengujikan tentang  integritas diri  yang  memiliki  tujuan untuk mengukur tingkat empati dan ketulusan  hati  seorang  karyawan dalam  kesehariannya.  sebuah lembaga  tentunya  menginginkan karyawan  yang  memiliki  rasa  empati  yang cukup besar sehingga nantinya ia mampu beradaptasi di  lingkungan  manapun.  selain itu, dengan kadar ketulusan hati yang dimiliki  oleh  seorang  karyawan,  maka  hal  tersebut  yang  akan  mempengaruhi bagaimana seorang karyawan mengatakn bahwa yang benar itu benar atau yang salah itu salah. Memelihara kejujuran dan mau  serta  mampu  menerima  resiko  ketika  ia mempertahankan kebenaran dan kebaikan meski akan berpengaruh terhadap karirnya.

 4. Tes Kemampuan Bidang Antar Kementrian

      TKB     merupakan   tes   tersendiri    dan   khusus.   Tes   ini  memiliki  ragam  atau  jenis  yang sangat bervariasi. Sesuaikan dengan jurusan atau bidang  yang  dipilih  oleh  pelamar  seperti,  TKB pendidikan, TKB Kesehatan, TKB Agama, TKB hukum, dan masih banyak lagi. setiap pesert ujian CPNS belum tentu akan mendapatkan tes TKB yang sama.


0 Response to "Jenis dan Materi Tes dalam CAT (Computer Assisted Test) - Info CPNS 2021"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel